Ketika
rasulullah masih hidup, rasulullah meninggalkan pesan dalam bentuk apa pun
sebagai penggantinya. Namun ketika rasulullah wafat masalah tersebut cukup
serius dibicarakan oleh kaum muslimin pada saat itu. Para pemuka islam sepakat
bahwa sebagai pengganti beliau disebut khalifah,-khalifah nya bertugas
sebagai pengganti dalam pemimpin pemerintahan dan pemimpin agama. Sedangkan
beliau sebagai nabi dan rasulullah. Ada
empat pengganti rasulullah yang disebut dengan khulafa ar-rasyidin. Pada artikel
ini saya akan membahas bagaimana perkembangan pendidikan pada masa Khulafa
Al-rasyidin.
A.
Khalifah Abu Bakar Shiddiq
1.
Kondisi Masyarakat Masa Abu Bakar Shiddiq
Di awal pemerintahan abu bakar di guncang pemberontakan
orang-orang murtad, orang-orang yang mengaku sebagai nabi dan orang yang enggan
dalam membayar zakat. Hal ini beliau sangat fokus untuk memerangi
para pemberontakan yang dapat melemahkan iman para muslim yang
masih lemah imannya untuk menyimpang dari
ajaran islam
Langkah selanjutnya abu
bakar bermusyawarah untuk menghadapi para pemberontakan tersebut, isi dari
musyawarah ialah bahwa semua golongan yang telah menyeleweng kepada ajaran
islam agar di tumpaskan atau para khalifah mati syahid dalam menegakkan agama Allah. Hasil musyawarah
di dukung penuh oleh kaum muslimin.
Kemudian abu bakar
mengirim pasukan untuk menumpaskan pemberontakan di yamamah hal ini banyak
memakan korban umat muslim seperti para tahfiz al-qur’an sekaligus
para sahabat. Kemudian setelah itu Umar bin Khattab menyarankan
al-quran segera dikumpulkan dan ditulis dalam satu buku.
2.
Lembaga Pendidikan Islam Pada Masa Abu Bakar Siddiq
a.
Lembaga
pendidikan
Lembaga masa ini sama
seperti lembaga yang pada masa rasulullah namun segi kualitas dan kuantitas
lebih mengalami perkembangan
1.
Kutab
Kutab pada masa abu
bakar sudah mengalami kemajuan. Kemajuan terjadi ketika masyarakat menjalin
telah menaklukkan beberapa daerah dan menjalin kontak dengan bangsa bangsa yang
telah maju. Lembaga pendidikan ini masih dianggap penting sehingga para ulama
berpendapat mengajarkan al-qur’an hukumnya pardu
kifayah
2.
Masjid
Masjid adalah lembaga
lanjutan bagi anak-anak yang tamat dari kutab. Di masjid ada dua tingkatan yaitu
tingkat menengah dan tingkatan tinggi.yang menjadi perbedaan ialah para tingkat
menengah gurunya bukan seorang ulam namun di tingkat tinggi gurunya ialah
seorang ulama.
3.
Materi
pendidikan
Materi yang diajarkan
ialah (1) membaca dan menulis (2) menghafal alqur’an (3)pokok-pokok ajaran islam
seperti iman, ibadah, akhlak, dan mu’amalat. Sedangkan pada tingkat menengah
dna tingkat tinggi yang diajarkan ialah al-qur’an dan tafsir, hadis dan
syarahnya, dan fiqih
B.
Khalifah Umar Ibn Khattab
1.
Kondisi Masyarakat Masa Umar Ibn Khattab
Sebelum wafatnya
khalifah Abu Bakar Shiddiq beliau menujuk Umar Ibn Khattab sebagai penggantinya
untuk menghadapi berbagai perselisihan yang ada. Pada masa umar ibn khattab
kondisi politik dalam keadaan stabil, usaha perluasan wilayah memperoleh hasil
yang gemilang. Wilayah yang dikuasai
masa ini ialah Semenanjung Arabia., Palestina, Syiria, Irak, Persia dan
Mesir.dengan adanya perluasan wilayah meluas pula kehidupan masayarakat islam.
Untuk memajukan kehidupan masyarakat dalam keterampilan, keahlian ialah dengan
menempuh pendidikan.
Pada masa ini pendidikan
semakin luas dengan luasnya wilayah kekuasaan. Para sahabat yang menerima
langsung dari nabi mengajarkan bagi peminat masyarakat muslim dalam menimba
ilmu. Dengan semangatnya masyarakat dalam menuntut ilmu mendorong lahirnya
sejumlah pembidangan dan ilmu keagamaan
2.
Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Umar Ibn
Khattab
a.
Lembaga
pendidikan
Kemajuan dalam bidang
pendidikan menyebabkan ditetapkannya masjid sebagai pusat pendidikan dan
terbentuknya pusat pendidikan yang lain. Pengaturan pada masa itu di bawah
gubernur. Adapun kemajuan di berbagai bidang yaitu, pos pengiriman surat,
kepolisian, baitul mal dll.
b.
Materi
pendidikan
Pada masa Umar ibn Khattab, beliau mengintruksikan kepada pendidik agar anak-anak diajarkan
(1)berenang (2) mengendarai motor (3) memanah (4) membaca, menghafal sya’ir-sya’iryang
mudah danperibahasa. Kemudian ilmu berbahasa arab juga sudah mulai ditampilkan
pada masa ini. Kemudian materi untuk tingkat menegah dan tinggi diajarkan hal
berikut (1) al-quran dan tafsirnya (2) hadis dan mengumpulkannya (3) fiqh.
c.
Pendidik
Pada masa umar ibn
khattab yang menjadi pendidik ialah beliau sendiri dan para guru-guru yang
beliau angkat. Umar merupakan pendidik yang sering melakukan penyuluhan
pendidikan di kota madinah. Beliau juga menerapkan pendidikan di masjid dan
di pasar-pasar. Selain itu beliau juga mengangkat para sahabatnya untuk menjadi
pendidik di berbagai wilayah kekuasaannya.
C.
Khalifah Usman Ibn Affan
1.
Kondisi Masyarakat Pada Masa Usman Ibn Affan
Usman Ibn Affan bukan lah lah ditunjuk layaknya seperti Umar
Ibn khattab namun melalui pemilihan Panitiai Enam yang ditunjuk oleh Umar Ibn
Khattab menjelang meninggalnya umar ibn khattab. Panitia enam tersebut ialah
Usman Ibn Affan, Saad Ibn Abi Waqash, Ali Ibn Abi Thalib, Thalhah, Zubair Ibn
Awam Dan Abdurrahman Ibn Auf. Selam musyawarah berjalan lancar dan hasil
meusyarah tidak ada perselisihan di kalangan umat muslim.
2.
Perkembangan
pendidikan islam pada masa Utsman Ibn Affan
Pada masa Usman Ibn Affan pendidikan hanya melanjutkan apa yang
telah ada sebelumnya, namun hanya sedikit perubahannya pada pendidikan islam
yaitu Utsman Ibn Affan mentapkan kebijakan kepada para sahabat yang tidak boleh
meninggalkan madinah lalu diberi kelonggaran untuk dapat menentukan daerah yang
disukainya dalam mengembangkan pendidikan islam. Kebijakan ini sangat
berpengaruh besar bagi pendidikan. Dengan demikian para masyarakat lebih mudah
menjangkau pendidikan yang mereka inginkan karena hasil kebijakan tersebut..
Pelaksana pendidikan
lebih berperan pada inisiatif masyarakat pada pendidikan termasuk pada pengangkatan
pendidik. Walau demikian Utsman Ibn Affan juga berperan besar dalam perubahan
pendidikan islam salah satu usaha yang dilakukan ialah kondifikasi al-qur’an.
D.
Khalifah Ali Ibn Abi Thalib
1.
Kondisi Masyarakat Pada Msa Ali Ibn Abi Thalib
Khaifah Ali ibn Abi Thalib adalah khalifah kempat setelah Uman ibn Affan . pemerintahannya
diguncang oleh perang Jamal (unta) yaitu peperangan antara Aisyah beserta Thalhah dan Abdullah ibn Zubair yang disebabkan adanya kesalahfahaman dalam
menyikapi pembunuhan Usman ibn Affan. Dinamai perang Jamal karena Aisyah
mengendarai unta. Setelah berhasil dalam
mengatasi perang tersebut namun muncul lagi berbagai pemberontakan sehingga pada
masa khalifah Ali ibn Abi Thalib tidak pernah ada kedamaian dan ketenangan.
Peperangan selanjutnya
adalah peperangan anatar Muawiyah ibn Abi Sufyan. Muawwiyah sebagai gubernur di
Damaskus memberontak untuk menggulingkan kekuasaannya. Peperangan ini dsebut
dengan perang siffin karena terjadi
di siffin. ketika tentara Muawwiyah
terdesak mengalami kekalahan, ketika itu pula muawwyah mengambil siasat tahkim
(penyelesaian adi dan damai ). Pada awalnya Ali menolak, tetapi karena desakan
tentaranya akhirnya Ali menerima, namun tahkim tersebut malah menimbulkan kekacauan,
dikarenakan Muawiyah melakukan kecurangan. Dengan adanya tahkim tersebut
Muawiyah memenangkan peperangan tersebut dan mendirikan pemerintahan tandingan
di Damaskus. Sedangkan tentara yang menentang keputusan Ali membuat golongan
sendiri yang disebut golongan khawarij.
2.
Perkembangan
pendidikan pada masa Ali Ibn Abi Thalib
Pada masa Ali Ibn Abi Thalib tidak terlihat mengalami
perkembangan pendidikan islam yang berarti karena pada masa ini penuh dengan
pemberontakan kekacauan politik semakin menjadi-jadi, sehingga ali tidak sempat
memfokuskan pada pendidikan tetapi fokus pada mengatasi pemberontakan yang ada.
E.
Pusat-Pusat Pendidikan Dan Para Ulama Yang Terkenal
Pada Masa Khulafa Ar-Rasyidin.
Dengan meluasnya kekuasaan islam pada masa ini
berkembang pula pusat-pusat kegiatan pendidikan isam. Baik bagi mereka yang
baru masuk islam, bagi para generasi muda, maupun para bagi mereka yang akan
memperdalam dan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam islam.
Menurut Mahmud Yunus bahwa pusat-pusat pendidikan
pada masa khulafa al-rasyidi yang
berkembang ialah
1.
Madrasah Mekah
Guru pertama yang
mengajar di Mekah adalah Mu’az Ibn Jabal yang mengajarkan hukum haram dan halal
kemudian Abdullah Ibn Abbas mengajarkan Tafsir, Hadist fiqh dan sastra. Beliau
adalah orang yang membangun madrasah mekah yang kemudian menjadi termashur
seluruh penjuru negri islam.
2.
Madrasah Madinah
Madrasah madinah adalah
madrasah yang lebih termasyhur karena di sana adalah tempat para khalifah yang
empat dan banyak para sahabat yang tinggal di madinah
3.
Madrasah Basrah
Ulama sahabat yang
terkenal di Basrah adalah Abu Musa al-Asyari dan Anas ibn Malik. Abu Musa
al-Asyari sebagi ahli fiqh hadist dan
ilmu al-qur’an, sedangkan Anas ibn Malik
termasyhur dalam ilmu hadist
4.
Madrasah Kufah
Ulama yang tinggal di
kuffah adalah Ali Ibn Abi Thalib dan Abdullah Ibn Mas’ud. Ali Ibn Abi Thalib
yang mengurus massalah politik dan urusan pemerintahan sedangkan Abdullah Ibn
Mas’ud menjadi guru agama di kuffah.
5.
Madrasah Damsyik
Tiga sahabat yang
mengajar di madrasah Damsyik Mu’az Ibn Jabal, Ubadah Dab Abu Darda’ mereka yang
mengembangkan madrasah di Damsyik.
6.
Madrasah Fistat
(Mesir)
Sahabat yang
mula-mulanya mendirikan madrasah dan menjadi guru di Mesir adalah abdullah ibn
amr ibn al asy. Beliau adalah seorang ahli hadis beliau tidak hanya menghafal
hadis tetapi juga menuliskannya kedalam satu buku lalu meriwayatkan hadis itu
kepada muridnya yang nantinya akan melanjutkan pendidikan tersebut.
kesimpulan
pendidikan pada masa khulafa Al-rasyidin sama seperti masa Rasulullah namun pada masa ini lebih dikembangkan lagi dan muncul berbagai lembaga pendidikan seperti yang dinamai kuttab dan masjid. begitu juga dengan materi yang mulai diajarkan pokok-pokok ajaran islam yang dulunya hanay diajarkan membaca qur'an sementra pada masa khulafa al-rasyidin diajarkan lebih luas. seiring perekmbangan muncul juga berbagi madrasah pada saat itu.
Terimakasih..
BalasHapussangat membantu :)dan hasilkan lagi blog blog tentang sejarah islam lainnya!!!
terimasih sudah berkunjung semoga bermanfaat :)
BalasHapus